Pengertian Cisco Paket Tracker Dan Kelebihan Hingga Kekurangannya

Pengertian Cisco Paket Tracker Dan Kelebihan Hingga Kekurangannya


Packet Tracer adalah simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer. Program ini dibuat oleh Cisco Systems dan disediakan gratis untuk fakultas, siswa dan alumni yang telah berpartisipasi di Cisco Networking Academy. Tujuan utama Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan Cisco

FITUR PACKET TRACKER
Packet Tracer terbaru yaitu versi 6.2. Dalam versi ini dapat mensimulasikan Application Layer protocols, Routing dasar RIP, OSPF, dan EIGRP, sampai tingkat yang dibutuhkan pada kurikulum CCNA yang berlaku, sehingga bila dilihat sekilas software ini bertujuan untuk kelas CCNA.
Taget Packet Tracer yaitu menyediakan simulasi jaringan yang real, namun terdapat beberapa batasan berupa penghilangan beberapa perintah yang digunakan pada alat aslinya yaitu pengurangan command pada Cisco IOS. Dan juga Packet Tracer tidak bisa digunakan untuk memodelkan jaringan produktif/aktif. Dengan keluarnya versi 6, beberapa fitur ditambahkan, termasuk fitur BGP. BGP memang bukan termasuk kurikulum CCNA, akan tetapi termasuk kurikulum CCNP.
KEGUNAAN
Cisco Packet Tracker Banyak DI gunakan dalam jurusan TKJ,Software Ini merupakan Untuk latihan para siswa,bahkan bermanfaat untuk Belajar.

Kelebihan dari media pembelajaran packet tracer  adalah

Pembelajaran akan lebih menarik sebab media yang dipakai berupa visual ataugambar.Dapat mengurangiBiaya besar untuk melakukan kegiatan pembuatan jaringan.Dapat meningkatkan kreativitas individu karena pembelajaran dilakukan sendiri.Dimungkinkan siswa untuk mengeluarkan idea atau gagasannya secara baik dan sistematis.Dapat melakukan rancangan suatu topologi jaringan dengan mudah serta penempatan perangkat jaringan dapat diatur dan ditentukan dengan baik.

Kekurangan dari media pembelajaran packet tracer adalah

Media yang ditampilkan adakalanya susah dipahami oleh siswa.Permasalahan yang diajukan adakalanya tidak sesuai dengan daya nalar siswa.Media yang ditampilkan memiliki komponen fisik yang terbatas.Untuk melatih alur kemampuan siswa untuk belajar melalui media sangatlah sulit.Harus mambutuhkan konsentrasi yang tinggi, sementara siswa susah diajak konsentrasi penuh atau totalitas.

You may like these posts